Media Transmisi

Pengertian Media Transmisi
Media jaringan adalah perangkat keras yang digunakan untuk membangun sebuah komputer baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Disini untuk dapat membangun sebuah media jaringan diperlukan minimal dua buah komputer, kartu jaringan atau Network Interface Card dan perangkat keras jaringan lain seperti switch, hub, router, file server, repeater, bridge dan media transmisi.
Fungsi Media Transmisi Jaringan
Media Transmisi adaah perangkat yang digunakan dalam jaringan komputer sebagai sarana penghubung. Media transmisi akan menghubungkan masing-masing perangkat sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling terhubung. Media transmisi dalam jairngan ada 2 macam yaitu media transmisi menggunakan kabel dan media transmisi tanpa kabel.
Macam – macam Media Transmisi Jaringan
1. Media Transmisi menggunakan Kabel (Wired Network)
Media transmisi ini memiliki keterbatasan jangkauan dan tidak efisien karena banyak memakai tempat untuk jaringan kabel. Jaringan kabel ini biasanya digunakan dalam area lokal, misalnya untuk membangun jaringan di laboratorium komputer, membuat jaringan komputer di sekolah dan membuat jaringan lan di kantor. Kabel yang sering digunakan sebagai media transmisi :
1.      Kabel Twisted Pair
2.      Kabel Coaxial
3.      Kabel Fiber optic (FO)
Kelebihan :
·         koneksi tidak rentan terhadap gangguan sinyal yang dapat memperlambat koneksi karena tidak terganggu oleh cuaca dan jaringan lain.
·         koneksi jaringan kabel seringkali lebih cepat daripada nirkabel, yang memungkinkan kecepatan transfer data lebih cepat.
·         Tingkat keamanan relatif tinggi dibandingkan jaringan nirkabel(karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya).
·         Harganya relatif murah.
·         Bandwith lebih tinggi
Kekurangan :
·         Jaringan kabel tidak nyaman digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
·         Jaringan Ethernet memiliki keterbatasan fisik untuk menjangkau semua area rumah atau kantor.
·         Satu kabel Ethernet dapat memberikan keluaran koneksi hanya pada satu PC atau perangkat tidak seperti jaringan nirkabel yang memungkinkan Anda menghubungkan beberapa perangkat ke satu router.
·         kabel mudah rusak, sehingga harus berhati-hati saat mengaturnya.
·         Untuk memperluas jaringan, membutuhkan harga yang relatif mahal dan memerlukan banyak waktu untuk membangun jaringan. Karena memerlukan lebih banyak router atau switch.
2. Media Transmisi tanpa Kabel (Wireless Network)
Jaringan tanpa kabel ini memberikan keunggulan kepada pemakai untuk dapat mengakses setiap saat di manapun berada. Sedangkan kekurangan media transmisi ini adalah kemampuan transfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel. Biasanya perangkat yang digunakan dalam jaringan ini adalah access point, antena grid, dan lain-lain.
Pada media transmisi ini, masih sering terjadi gangguan sehingga memungkinkan terjadinya kehilangan data. Jika sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh atau medannya sulit, maka dapat digunakan media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka berupa:
1.      Gelombang Mikro
2.      Gelombang radio
Kelebihan :
·         pengguna dapat bergerak bebas dalam menggunakan laptop maupun perangkat genggam karena jangkauan area lebih luas.
·         Pengguna dapat berbagi file dan sumber daya lainnya dengan perangkat lain yang terhubung ke jaringan tanpa harus dilepas ke port.
·         Mempermudah menambahkan perangkat ekstra ke jaringan, karena tidak memerlukan pemasangan kabel baru.
·         Lebih nyaman digunakan.
·         Jaringan nirkabel seringkali dapat menangani pengguna dalam jumlah yang lebih banyak karena tidak dibatasi oleh sejumlah port koneksi tertentu.
·         Pengalihan informasi secara instan ke media sosial menjadi lebih mudah. Misalnya, mengambil foto dan mengunggahnya ke Facebook pada umumnya bisa dilakukan lebih cepat dengan teknologi nirkabel.
Kekurangan :
·         Kecepatan transfer file-sharing biasanya lebih lambat dibandingkan dengan jaringan kabel.
·         Kecepatan umum koneksi nirkabel biasanya jauh lebih lambat daripada jaringan kabel.
·         Koneksi nirkabel dapat terhalang oleh barang-barang rumah tangga sehari-hari dan struktur seperti dinding, langit-langit, dan perabotan.
·         Instalasi dan pengembangan yang biayanya cukup mahal.
·         Peralatan atau perangkat keras jaringan yang masih tinggi harganya
·         Kekuatan sinyal sangat tergantung dengan kondisi cuaca.
·         Jaringan nirkabel umumnya kurang aman. Bandwidth dapat dicuri jika jaringan belum ditetapkan untuk dilindungi dengan kata sandi.
·         Informasi kurang aman dan lebih mudah di hack



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integritas Data #2

Perancangan Basis Data

KONSEP KECERDASAN BUATAN / MACHINE LEARNING